Kenapa Orang Suka Memberikan Komentar Yang Negatif?

| On
Selasa, Maret 11, 2014
Hey pretty-girls-around-the-world! Saat aku membaca komentar - komentar untuk blog ini, aku menemukan komentar negatif yang bisa dibilang sangat menyakitkan buat aku secara pribadi. Komentar ini aku temukan di post terakhirku "Style Nanda - Park Sora Makeup Tutorial"

OH MY GOD! 

Dalam Bahasa Indonesia, bisa diartikan "Kamu baru saja berumur 17 tahun dan kamu menggunakan makeup terlalu banyak, kamu terlihat seperti p*" Okay, Let me tell you something HEY anon! There's no probs when 17 years old girl like me : wearing makeup. Nggak ada salahnya kita menggunakan makeup ataupun skincare sejak remaja. Ini bukan jaman Siti Nurbaya kali, Anon.

Ini bukan komentar negatif pertama yang aku dapat, ini sekitar 3 atau 4 komentar selama aku berada di dunia blog. Aku memulai blog pada tahun 2010. Pertama kali baca komentar dari si anon ini, aku langsung speechless dan aku mulai merasa overheating around my cheeks. o_o Awrrgh!

Aku pernah membaca suatu quotes, aku lupa juga darimana dan siapa pembuatnya, tapi isinya begini; 

"Whatever we do, whatever we say, people always have something negative to say."

And ya! That's true. Apapun yang kita lakukan, maupun biasa atau hampir sempurna hasilnya, pasti ada aja komentar negatifnya. Ya namanya juga hidup. Nggak semua orang bisa melihat orang lain dengan positif. Indeed? 

Kalo nggak mau dikasih komentar negatif, ya lebih baik tidak melakukan apapun. Tapi mana mungkin kita tidak melakukan apapun. Logikanya begini, Jika kita melakukan sesuatu dan 80% hampir sempurna, maka semakin banyak komentar negatif yang kita dapatkan. Jika kamu tidak pernah mendapatkan komentar negatif and everybody loves ya maka apa yang kamu lakukan biasa saja.

Sebenarnya apa yang mereka tidak sukai?
Ada ribuan bahkan berjuta - juta alasan mengapa orang bisa membenci kita. Stress, Tertekan, Frustasi, Depresi, Kelabilan, Cara berpikir yang belum dewasa, Bepikiran negatif, Logika/nalar yang keliru. Tapi faktor terbesar biasanya "Iri" pada apa yang kita miliki/capai. Maupun materi/prestasi. Misalnya, kita menggunakan sweater yang kebesaran ala Korea, banyak yang bila kalo kita terlihat lucu, tapi pasti ada yang bilang; "Nggak punya baju yang lain?". Keliatannya sih kayak nanya biasa, tapi ada maksud tertentu. 

Kenapa mereka bisa seperti itu? 
Ya seperti yang aku bilang, mereka iri dengan apa yang kita punya tapi dalam hati mereka menyangkal. Masa lalu juga bisa membuat mereka menjadi benci kepada kita secara "Berlebihan", I mean, dulu kita pernah berbuat salah terhadap seseorang, kemudian kita meminta maaf dan benar - benar memperbaiki kesalahan kita. Tapi dia tetap aja benci sama kita. Yaa, bolehlah dibilang tipe - tipe ini tipe yang 'Gagal Move On' #ehh 

Jadi apa yang dia lakukan sangat dipengaruhi oleh masa lalunya. Sebenarnya kita perlu kasihan dengan orang - orang yang seperti ini. Bayangkan seberapa berat hidupnya membuang tenaga/waktu/pikiran untuk membenci seseorang? 

Ada juga mereka yang membenci kita tanpa alasan. Rasa benci yang tiba - tiba muncul begitu saja meskipun mereka tidak mengenal kita. Tipe seperti ini nih yang suka 'Stalking'. Ngeliat dari Facebook, Twitter atau sosial media lainnya. Orang seperti ini nih biasanya mendapatkan perlakuan yang tidak adil/buruk dari orang - orang di sekitarnya. Misalnya, dulu dia dibully dan dipanggil 'Si Hidung Besar', 'Si Gendut' dsb. Kemudian ia ingin orang lain juga merasakan dan mendapatkan apa yang ia rasakan dulu. 

Apa yang bisa mereka lakukan?
Ya pada akhirnya mereka hanya bisa berkomentar negatif pada kita. Bisa mengatakan langsung di depan kita, atau lewat sosial media yang menjelek - jelekkan diri kita di belakang kita. Mereka - mereka inilah yang hidupnya benar - benar tidak bisa bahagia, mereka hanya bisa merasakan bahagia karena kepuasan batinnya. Mereka bahagia apabila sudah menyakiti hati orang lain, melihat orang lain sedih/susah. Sounds bad ya? 

Kenapa harus memberikan komentar yang negatif?
Seperti yang aku katakan tadi, orang - orang seperti inilah yang dapat membahagiakan dirinya sendiri dengan cara seperti itu. Ini hanya masalah ketidakpuasan batin aja kok guys. Tapi bahaya juga sih, orang dengan tipikal seperti ini, "Yang merasa senang dan bahagia (dengan cara yang keliru) ketika menyakiti perasaan orang lain" ini adalah ciri pengidap psikopat. Gangguan psikologis.

Nah sekarang permasalahannya, apa yang dapat kita lakukan?
1. Tidak perlu ditanggapi. Just let it flow.
2. Delete komentar dan lupakan. Anggap saja hal itu tidak pernah terjadi.

Let it flow guys! Let it flow! Pernah sekali ada yang bertanya ke aku, "Bagaimana perasaanmu kalo ditiru?". To be honest ya guys, dulu aku suka greget, tapi sekarang seiring berjalannya waktu, aku mulai merasa biasa aja. Namanya aja kan 'People Get Inspired by You' jadi ya kalo nggak mau ditiru, ya nggak usah posting aja.

Secara pribadi, aku orang yang gampang sekali melupakan suatu masalah, maupun itu masalah kecil atau besar. Setiap bangun dari tidur, aku selalu lupa masalah bahkan apa yang terjadi kemarin. Entah ini pelupa atau gimana. LOL. Karena bisa dibilang aku memiliki pribadi yang cuek. Pribadi seperti ini juga nggak bagus. Jadi kadang kurang peduli sama teman - teman. d: #SORRYGUYSILOVEYOUFOREVERMORE!

In the end, kita tidak perlu menghabiskan tenaga dengan sia - sia seperti mereka. Hidup dengan pikiran positif lebih menyenangkan! 

"Masalah sehari, cukuplah untuk sehari."
xx
18 komentar on "Kenapa Orang Suka Memberikan Komentar Yang Negatif?"
  1. I don't think it's a problem wearing make-up just because you're 17.
    everybody deserve to feel beautiful no matter what. and i think you're not wearing to much makeup kali..
    anon nya buta ajaa.. haha
    makeupnya style nanda itu simple natural abis..

    BalasHapus
  2. Sabar lin.. ngga usah ditanggepin ._. Ak malah pernah dpt yg lbh kejam ._.)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin post ini bukan berarti mau nanggepin Jess, mau memperjelas kenapa ada orang yang seperti itu. :)

      Hapus
  3. Setting blognya diganti aja lin, yg anon gak bs komen, jadi hanya orang-orang yang jelas aja yg bisa komen
    Emang nih anon klo komen bisanya jelek2in aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, kalo di setting anon-nya ditiadakan, kasian yang bukan blogger dong nggak bisa komentar Ka.

      Hapus
  4. ga usa ditanggepin lin, she just jealous with you ^^

    BalasHapus
  5. Di blogku banyak juga dan semua yg komen negatif anon. Berhubung anon, yang berarti bukan siapa2 dan nggak penting, ya aku delete aja :D. Coba misal mereka berani nunjukin jati diri. Mungkin akan aku ajak kenalan dan tanggapi dengan lebih serius :))).

    Bener banget. Delete & lupakan :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep. And I just pretend that they're never exist. :) keep calm & carry on.

      Hapus
  6. AHHAHAHHAHAHA ngakak masa masih ada aja sih yang komen kayak gituuuu aduh aduh.. I don't know, but sometimes people are 10x meaner in the internet. and 'anon' give them more power to be mean to everyone. I think everyone have the rights to be pretty with makeup!! Be strong it's the risk of being active in the internet!

    xx
    mysugarcoffee.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ce Fili bener banget. It's the risk of being active :) dengan adanya anon yang suka komentar negatif, malah bikin aku lebih dan lebih d:

      Hapus
  7. To be Honest suka bangett sama cara berfikirnya Elin .

    U Rock Girl :D hehehe

    BalasHapus
  8. haiii lin
    thanks for reading my blog ya :D Ini pertama kalinya aku berkunjung di blogmu ^_^
    Btw itulah sebabnya aku ga pernah membiarkan anon utk komen di blogku -_- hanya org2 yg identitasnya jelas yg bisa komen..
    Jangan dihiraukan ya :) be yourself!

    BalasHapus
  9. Wah ci elin masih mudah ya hihi meski beda 1thn hehe.
    Aku malah seneng liat cici jago pakai make up. Review nya selalu bagus. Sampe ngiri fufufu
    Btw agak nyesel nih baru belajar make up nya belakangan ini. Sukses terus cici lin! Makin cantik ya♥♥

    BalasHapus

Hello! A warm greetings from Elin ♥
Please wait and write your comment in the box and..

I read every comment I get from you :)

P.S. Click ‘Notify Me’ Button so you will get notification once your comment I have replied.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature