#NgobrolCantik: Apa Benar Paraben Berbahaya?

| On
Sabtu, Juni 20, 2015
Hey guys! So hari ini aku mau ngobrolin tentang Paraben. Udah banyak banget kan kabar yang katanya Paraben dapat menyebabkan kanker. Padahal, banyak skincare dan makeup yang kita punya itu mengandung Paraben. Entah itu, Methylparaben, Propylparaben atau Butylparaben. 


Yang jelas kalo kita udah baca salah satu ini ada di bagian ingredients, pasti udah mikir yang macem-mace. Weits, Nggak hanya kamu loh! 

Karena ada kabar bahwa Paraben dapat menyebabkan kanker, dulu tuh aku sampe ngebuangin semua produk yang mengandung Paraben.

SO, Apa benar PARABEN BERBAHAYA?

Paraben memang digunakan dalam kosmetik bahkan skincare karena memiliki fungsi sebagai pelindung kosmetik dari aktivitas bakteri yang melindungi kamu agar tidak mudah terkena bakteri yang mungkin tak sengaja tertular dari alat aplikasi kosmetik dan juga dapat menjaga keutuhan suatu produk.

Kalo baca-baca dari laman FDA (Federal Food, Drug and Cosmetic), Paraben itu tidak hanya terdapat pada produk kosmetik saja loh! Tapi juga terdapat pada obat, makanan, kosmetik, dan lain-lain. Produk kosmetik yang mengandung Paraben harus mengikuti peraturan dan hukum yang ada. Kemudian juga harus lolos dari uji keamanan terlebih dahulu oleh BPOM.

Penggunaan Paraben pada suatu produk aman apabila tidak melebihi dari 25% sedangkan di dalam produk kosmetik pada umumnya, kadar Paraben hanya sekitar 0,01 hingga 0,5% saja. Nggak nyampe setengahnya loh!

Bila ditemukan kerugian yang disebabkan oleh Paraben, maka FDA atau BPOM tidak akan tinggal diam dan akan segera bertindak tegas. Tapi pada akhirnya, semua kembali pada kalian masing-masing, sebagai konsumen supaya agar berhati-hati dan sadar akan informasi yang diberikan oleh BPOM sehingga tidak menjadi salah satu korban kosmetik abal-abal atau yang berbahaya. 

Nggak munafik sih, Kebanyakan makeup favoritku ada Parabennya. :p
14 komentar on "#NgobrolCantik: Apa Benar Paraben Berbahaya?"
  1. buat jangka panjang bahaya loh say apalagi kalau ada rencana hamil bahaya banget..saya sih dari dulu perhatian bangt sama produk yang saya pakai ngeri soalnya krn kesehatan kulit dan tubuh adalah investasia jangka panjang ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama kadarnya hanya sedikit tidak berbahaya untuk kulit. Akan tetapi, memang untuk ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan.

      Hapus
    2. SK-II FTE itu kan ada kandungan parabennya juga (aku lupa apa tipe parabennya, tapi seinget aku cuma 1 tipe aja sih) dan katanya produk ini aman untuk ibu hamil dan menyusui. Nah lho? @_@

      Hapus
    3. Seperti yang aku katakan sebelumnya, selama kadarnya hanya sangat sedikit, itu aman. SK-II memperbolehkan untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui karena SK-II tau kadar paraben di dalamnya.

      Hapus
    4. Kalau gk salah ada sih orang yg waktu hamil pake SK-II pas lahir baik2 aja kok.Tapi dia agak ngeluh hargany mahal:v.Kalau gk salah parabenya methylparaben kan?Setau aku itu bahkan aman buat ngawetin makanan karena dia bisa mencegah proses pembusukan.Sama kyak kak elin skincare dan make up ku masih banyak yg ada paraben tapi aku sekarang mau coba menghindari paraben dalam makanan.

      Hapus
    5. Bener! Daripada pusingin paraben di skincare yang jelas-jelas untuk ‘mengawetkan’ mending hati-hati dalam memilih makanan yang mengandung paraben, which is lebih bahaya! :D

      Hapus
  2. Thanks infonya! berguna banget niih.. Aku jadi tau kudu aware banget sama produk dgn paraben.. :( Karena biasanya aku ngeremehin dan nggak peduli sama komposisi paraben di produk

    don't forget to visit my blog^^
    uniquebloggonnabe.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kadang orang2 terlalu sibuk menghindari paraben padahal banyak kandungan dalam kosmetik yg lebih berbahaya dari pada paraben

    BalasHapus
  4. Dr dulu bingung bgt paraben gitu blh ato gak, trus jdi takut2 utk beli kosmetik yg ada parabennya. Tp skrg udh ngerti. Thankyou buat infonya! :)

    BalasHapus
  5. Iya tp d kemasan produk tidak ad presentase kandungan paraben, gmana tuh? Jd galau gini mau tampil cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua yang sudah lulus di bawah pengawasan BPOM di bawah kadar aman.

      Hapus

Hello! A warm greetings from Elin ♥
Please wait and write your comment in the box and..

I read every comment I get from you :)

P.S. Click ‘Notify Me’ Button so you will get notification once your comment I have replied.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature